Sunday, April 14, 2013

Sintesa Indonesia 3.0

Halo pembaca, ini adalah blog baru saya. Jika anda sampai di rumah digital saya yang sederhana ini, saya harap anda tidak kecewa. Saya punya banyak rumah digital (blog), tapi di rumah saya yang satu ini saya akan menuliskan lintasan pemikiran saya terutama kaitannya dengan kondisi bangsa yang sama-sama kita cintai ini.

Kenapa saya memilih judul blog Indonesia 3.0?
Seperti kita ketahui bersama, bahwa Indonesia kita telah melalui setidaknya 3 fase sintesa setelah kemerdekannya. Ketiga fase itu adalah Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi. Tidak terasa 15 tahun sudah kita berada di fase ketiga ini. Berawal dari harapan yang tinggi terhadap keberhasilan fase ketiga inilah, maka saya mengambil judul Indonesia 3.0.

Indonesia 1.0 telah memberi inspirasi kepada kita tentang arti penting national character building sehingga menjadikan negera kita disegani dalam percaturan diplomatik internasional dan terwujudnya NKRI yg kuat, namun memiliki kelemahan pada instabilitas politik dan ekonomi dalam negeri. Indonesia 2.0 memberi pesan kepada generasi kita tentang arti penting stabilitas politik dan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Namun, generasi kita saat ini masih terus mencari apa sintesa yang tepat untuk membentuk Indosesia 3.0.

Tidak banyak yang bisa kuberikan untuk bangsaku, semoga ini bisa menjadi sumbangsih kecil dari sekian banyak sumbangsih yang diberikan oleh anak bangsa lainnya. Semoga bisa menginspirasi sahabat pembaca sekalian. Mari bertukar pikiran dalam rumah sederhana ini.

No comments:

Post a Comment